Rabu, 06 Juli 2011

Kata Kerja Bentuk –ます

皆さんきょうはとても暑いですね。。私は眠いですが寝ることができないよ。。。。

Minna sekarang kita belajar tentang kata kerja bentuk –ます...
Seperti biasa kalian harus menghafal dulu kosakata berikut....
Kata Kerja Bentuk –ます
·      Kata kerja bentuk –ますberfungsi sebagai predikat dalam sebuah kalimat
·      Kata kerja bentuk –ます digunakan di kalimat positif
·      Kata kerja bentuk –ます digunakan untuk menunjukkan rasa hormat kepada lawan bicara

(れい)/Contoh
-       まつさんはがっこにいます                                         = Mr Matsu ada di sekolah
-       デパトでかばんをかいます                                         = Saya Membeli tas di department store
-       まいにちたけしさんは10じにおきます                 = Setiap hari Mr.Takeshi tidur jam 10 malam
Perubahan bentuk kata kerja –ます
o  -ません digunakan untuk kalimat negative
Ø  インダフさんはへやにいません                             = Mrs Indah tidak ada di kamar
Ø  わたしのかばんはカップボードがありません     = Tas ku tidak ada di lemari
Ø  わたしはにほんごではなせません                         = Saya tidak berbicara dengan bahasa jepang

o  -ました digunakan untuk kalimat positif lampau
Ø  あさごはんをたべました                                                 = Saya sarapan pagi ini
Ø  きのうにえきまえでしんぶんをかいました         = Kemarin di depan stasiun saya membeli koran
Ø  ともだちにあいました                                                     = Saya bertemu dengan teman

o  -ませんでした digunakan untuk kalimat negative lampau
Ø  きのうのよるににほんごをべんきょしませんでした  = Kemarin dia tidak dating ke rumah Mr Tanaka
Ø  せんしゅうにとうきょうへいきませんでした        = Kemarin dia tidak dating ke rumah Mr Tanaka
 Ø  きのうかれはたなかさんのうちへきませんでした                 = Kemarin Malam Saya Tidak Belajar bahasa jepang

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar